Friday, February 02, 2007

Sistim Pendidikan di Argentina

MEDIA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS INDONESIA

Sarana positif untuk berkomunikasi ialah dalam pertemuan anggota setiap bulan oleh DWP yang melibatkan semua masyarakat Indonesia, perayaan hari nasional oleh KBRI, maupun undangan individu diantara masyarakat Indonesia. Disamping itu DWP mempunyai pusat informasi yang dapat di buka dalam dunia maya dengan alamat: http://dwpbuenosaires.blogspot.com

Organisasi DWP KBRI Buenos Aires pada saat ini diketuai oleh Ibu Herawaty S. Manurung, dengan susunan kepengurusan: Sekretaris ialah Ny. Wati F Yudi, Bendahara ialah Ny. Wati F. Yudi, Ketua Bidang Sosial Budaya ialah Ny. Renda Tomodok dan Ketua Bidang Pendidikan merangkap Ketua Bidang EKonomi ialah Ny. Ida Murni Syaiful.

Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan lapor diri, perpanjangan paspor, dan pengurusan kekonsuleran di KBRI dengan alamat:

Embajada de Indonesia,

Calle Mariscal Ramon Castilla 2901,

1425 Capital Federal, Buenos Aires, ARGENTINA

Telefono (00-54-11) 4807 2211 / 4807 2956

Facsímile (00-54-11) 4802 4448

PENDIDIKAN

Sistim pendidikan

Di Indonesia pendidikan dasar sepanjang 12 tahun, terbagi atas S.D. 6 tahun, SLTP 3 tahun dan SLTA 3 tahun. Sehingga seorang murid akan mendapatkan 3 Ijazah dari S.D., SLTP dan SLTA sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.

Sistim pendidikan di Argentina agak berbeda dengan Indonesia yaitu menganut klasifikasi pendidikan dasar (primaria) dari kelas 1 sampai kelas 7 dan dilanjutkan dengan pendidikan lanjutan (secundaria/high school) selama 5 tahun. Seluruh pendidikan dasar adalah 12 tahun, dengan dua kali mendapatkan sertifikat/Tanda Lulus yaitu pada tingkat Primaria dan Secundaria. Setelah pendidikan dasar tersebut adalah pendidikan tingkat universitas.

Bagi murid Indonesia yang pada tingkatan tertentu tidak mendapatkan tanda lulus misalnya setara SLTP dari sekolahnya disini, dapat mengurusnya sekembali di Indonesia pada instansi terkait dengan menujukkan Rapor dari kelas yang sejajar ketika di Argentina. Janganlupa bahwa semua sertifikat tanda lulus harus di beri legalisasi di KBRI dan selanjutnya Deplu Yakarta sehingga instansi terkait di Indonesia tidak mempertanyakan lagi.

Perbedaan Tahun Ajaran Sekolah dan tantangannya.

Berbeda dengan Indonesia, yang mana tahun ajaran sekolah berjalan dari bulan Agustus sampai dengan bulan Juni, tahun ajaran di Argentina berjalan dari bulan Maret sampai dengan bulan Nopember, dengan liburan musim panas selama tiga bulan yaitu bulan Desember sampai dengan bulan Februari, liburan musim dingin dua minggu, yang biasanya pada pertengahan bulan Juli, dan liburan musim semi selama satu minggu di bulan September, tergantung sekolah masing-masing. Praktis masa belajar hanya berlangsung selama delapan bulan. Adanya perbedaan dimulainya tahun ajaran baru selama 6 bulan dan pendeknya jangka waktu belajar akan dapat berakibat pada situasi yang tanggung dan menyulitkan yang dihadapi anak sekolah dari Indonesia, sbb.:

Kemungkinan pertama, anak ingin berada di kelas yang selanjutnya dari kelas yang sudah diraih di indonesia:

Anak kita datang di Argentina bulan Juli (karena menunggu ujian akhir atau ujian kenaikan kelas di Indonesia bulan Juni). Tiba di Argentina, sekolah sedang menjalani pertengahan cawu 2 atau sudah memasuki libur musim dingin. Ketika sekolah mulai masuk di awal Agustus murid-murid lokal tinggal melanjutkan materi pelajaran (misal: tingkat SLTA lima belas mata pelajaran) untuk kemudian menghadapi ujian akhir yang berupa ulangan harian. Paling sedikit dalam setiap cawu diadakan 2 ulangan harian yang jadwalnya ditentukan oleh masing-masing guru, tugas dan nilai partisipasi di kelas. Apabila nilai total dari ketiga aspek di bawah angka enam, maka murid diharuskan untuk memperbaiki nilai yang gagal setelah tahun ajaran selesai.

Disamping materi yang sudah berjalan, masalah lain adalah bahasa pengantar di kelas. Walaupun sekolah bilingual memakai bahasa Spanyol di pagi hari dan Inggris di siang hari, materi yang diberikan di pagi hari tidak dapat dimengertinya sama sekali. Materi yang diberi di pagi hari merupakan materi-materi dasar seperti Bahasa Spanyol, Matemátika, Sejarah, Biologi, dll.; sedangkan materi di siang hari ditujukan untuk praktek berbahasa Inggris seperti grammar, writing, diction, dll. Setelah sekolah selesai pada sore hari, maka anak kita harus mengejar materi-materi dasar yang dia tidak mengerti di pagi hari dan disamping itu dia juga harus mencicil belajar berbahasa Spanyol.

Ada anak yang bisa mengejar ketinggalan mereka, namun kita bisa membayangkan betapa banyaknya kerja keras yang mereka dedikasikan dalam waktu yang tinggal separuh tahun ajaran. Belum lagi faktor penyesuaian diri dan pergaulan baru yang menyangkut perbedaan kebudayaan / ‘cultural clash’, karena murid-murid bersifat individualis, sebagaimana pembawaan masyarakat.

Kemungkinan kedua, anak lebih memilih untuk mengikuti kembali kelas yang telah dia raih di Indonesia:

Dalam keadaan seperti ini, anak kita tidak akan mengalami kesulitan sebesar yang dialami anak yang memilih ikut kelas yang lebih tinggi. Kelebihannya adalah anak kita akan dapat lebih berkonsentrasi belajar bahasa Spanyol. Namun ia akan ketinggalan dari teman-teman seangkatannya di Indonesia. Tidak semua anak bersedia mengambil pilihan ini, karena dengan begitu ia kehilangan makna kenaikan kelas yang diraihnya di Indonesia dan di kala anak harus kembali ke Indonesia dia akan harus mengejar ketinggalannya dengan teman-teman satu angkatannya dulu. Perlu kita ingat bahwa semakin tinggi tingkat sekolah semakin bertambah muatan pelajaran yang harus dikuasai, dalam kata lain semakin susah untuk mengejar ketinggalan.

Catatan:

Sebelum menghadapi keberangkatan ke Argentina maka anak - anak kita harus diberi persiapan mental untuk menjalani pilihan pendidikannya dengan penuh kesadaran akan risiko masing-masing. Pilihan pertama atau pilihan kedua. Kita sebagai orangtua harus banyak memberikan perhatian dan dukungan dana untuk membantu keberhasilan mereka. Sangat disarankan sejak di Indonesia mulai mencicil belajar bahasa Spanyol, walaupun hanya beberapa bulan. Apabila tidak mendapatkan tempat kursus bahasa Spanyol, masih mungkin mencari keluarga yang pernah ditempatkan di negara berbahasa Spanyol, kiranya ada yang berkenan meluangkan waktu memberi pelajaran.

Para diplomat negara lain cenderung memasukkan anak-anaknya ke sekolah Lincoln, The American International School of Buenos Aires yang mengikuti sistim pendidikan Amerika Serikat dan memakai bahasa Inggris. Namun biaya sekolah disini amat sangat mahal, sehingga bagi mereka yang kurang mampu, terpaksa memilih ke sekolah bilingual swasta setempat dan belajar bahasa Spanyol dengan cepat walaupun mulai dari nol.



Jenis sekolah

Dari kepemilikan dan pengaturannya, sekolah terdiri dari Sekolah Publik/Escuela Publica (negeri) dan Sekolah Swasta. Sekolah Publik tidak memungut bayaran. Dalam satu hari pada satu gedung sekolah Publik/negeri diadakan dua kali sekolah Publik, yaitu sekolah pagi (sejak pagi sampai siang hari) atau sekolah siang (sejak siang sampai sore hari). Pelayanan pendidikan melalui sekolah Publik di Argentina pada umumnya mengikuti kurikulum standar pemerintah (tidak begitu diperhatikan pelajaran bahasa Inggris). Namun di beberapa tempat ada jug yang menerapkan kurikulum lebih.

Sekolah swasta banyak tersebar di Buenos Aires dan terbagi atas sekolah swasta, escuela privada bilingual berarti dua bahasa (dengan bahasa Spanyol pada pagi hari dan bahasa Inggris pada siang hari) dan sekolah swasta bukan bilingual berarti hanya memakai bahasa Spanyol. Sekolah swasta lokal dan asing memiliki jam belajar dari pagi hingga sore hari (doble turno) karena mempunyai berbagai kurikulum tambahan. Di beberapa sekolah pelajaran bahasa asing ditambah lagi dengan bahasa Perancis atau Itali atau Jerman. Disamping itu untuk tingkat Secundaria, mulai diberikan bahasa Inggris yang dikhususkan untuk persiapan masuk universitas. Pada beberapa sekolah swasta lokal disamping mengikuti ujian akhir mengikuti sistim Argentina, ada yang menawarkan untuk murid dapat mengikuti juga ujian Bachilerato Internasional (dengan bahasa pengantar Spanyol) yang mensejajarkan mutu pelajaran dengan standar Eropa, dan untuk sertifikat kemampuan bahasa Inggris mensejajarkan dengan standar dari Universitas Cambridge.

Pendaftaran sekolah

Tingkat Kindergarten dan Elementary School

Pendaftaran sekolah bagi keluarga diplomat bisa dilakukan setiap saat, tergantung kesempatan yang masih ada di sekolah yang dituju. Persyaratannya pada umumnya adalah:

Mengisi formulir pendaftaran. Disertai Kartu Identitas/Paspor ybs., surat keterangan dokter dan vaksinasi (dapat dilakukan di rumah sakit setempat ). Memberikan beberapa buah foto ukuran 4 x 4 cm. Memberikan keterangan rapor dari sekolah terdahulu yang telah mendapat legalisasi dari Dep. Kehakiman, Deplu dan Kedubes Argentina di Jakarta dalam bentuk yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol. Kedubes Argentina di Jakarta akan menunjuk penerjemah yang diakui oleh mereka.

Tingkat High School

Mempunyai persyaratan yang sama dengan prosedur untuk masuk sekolah dasar, ditambah dengan ujian saringan untuk beberapa sekolah negeri dan seluruh sekolah swasta. Untuk masuk sekolah negeri diharuskan mencari sekolah yang satu wilayah, dan apabila sudah penuh akan harus minta petunjuk kepada kantor wilayah Departemen Pendidikan di Capital Federal, yang akan mencarikan sekolah mana yang masih ada tempat.

Tingkat Universitas

Untuk Universitas negeri terdapat Universidad de Buenos Aires (UBA) yang masuk 10 terbaik di benua Amerika. Sedangkan Universitas swasta yang tergolong baik adalah: Universidad Catolica de Argentina (UCA), Universidad Argentina de la Empresa (UADE), Universidad de Belgrano (UB) Universidad El Salvador, Univeristy Kennedy (tergolong baru), Universidad Palermo. Khusus untuk bidang teknik industri terdapat Universidad Tecnica Nacional (UTN) dan Intstitut de Tecnica Buenos Aires (ITBA), dimana lulusan mereka banyak dicari di tingkat kawasan Amerika Latin. Semua universitas dengan bahasa pengantar bahasa Spanyol.

Ujian masuk :

Ada dua tahap, pertama mulai awal bulan Nopember dan kedua awal bulan Maret. Sebelum itu, dapat mengikuti kursus untuk memahami materi ujian masuk yang bervariasi jangka waktunya tergantung kebutuhan calon mahasiswa.

Biaya sekolah resmi.

Taman kanak-kanak : usia 2 – 5 tahun $ 283 dolar A.S. / bulan, untuk kelas pagi saja atau kelas siang saja. Dan dua kali lipat untuk kelas pagi sampai sore. Untuk satu tahun membayar 11 (sebelas) kali uang bulanan, terdiri atas uang sekolah 10 bulan dan uang pendaftaran kembali /uang bangku satu bulan uang sekolah, seluruhnya $ 1035,00 dólar A.S.

Primaria: di sekolah swasta berbahasa Spanyol $ 5.100, 00 dólar A.S. per tahun, sedangkan di sekolah swasta bilingual (bahasa Spanyol dan Inggris) $ 6350,00 dólar A.S. per tahun.

Secundaria: di sekolah swasta bilingual $ 8.200,00 dólar A.S. per tahun.

Universitas: di universitas swasta setempat $ 10.000 dólar A.S: per tahun.

Catatan:

Komponen biaya di Sekolah-sekolah tersebut di atas, hanya sebagian kecil contoh mengingat banyak sekali sekolah swasta. Namun pada umumnya biaya di sekolah swasta setempat jauh lebih ekonomis daripada sekolah Lincoln, the American Internacional School of Buenos Aires.

Biaya kursus tambahan pelajaran dan kursus bahasa Spanyol.

Untuk kursus materi tambahan pelajaran bahasa Spanyol dan materi pelajaran sekolah privat, per kali belajar dua jam $ 15.00 – $ 30.00 dólar A.S: per orang.

Walaupun untuk kursus prinsipnya tergantung permintaan atau keinginan, namun berdasarkan pengalaman, untuk anak didik yang masuk ke sekolah di Argentina, apalagi untuk permulaan, setidaknya kursus privat sangat di butuhkan (pengalaman menunjukkan seminggu 5 kali kursus/tiap hari, kecuali Sabtu dan Minggu).

Dengan demikian satu tahun pertama praktis biaya untuk kursus mencapai dua puluh kali per bulan, atau mencapai $ 600,00 (enam ratus ) dólar A.S. Untuk satu tahun dengan waktu belajar sepuluh bulan, maka biaya yang keluar sebesar sepuluh kali satu bulan $ 600.00 dólar A.S. menjadi sebesar $ 6000,00 (enam ribu) dólar A.S. per anak.

Untuk pelajar atau pribadi yang dapat pergi untuk kursus di tempat kursus, misalnya di Universidad de Buenos Aires (UBA) maka biayanya lebih ekonomis, $ 250.00 dólar A.S. / 64 jam pelajaran, karena belajar bersama dalam satu kelas yang terdiri dari rata-rata 15 orang murid. Sayangnya kelas di tempat seperti ini membuka kelas di pagi dan siang hari sehingga sehingga anak-anak yang masih sekolah di sekolah tingkat primaria dan secundaria harus mencari guru privat untuk belajar di rumah, setelah jam sekolah selesai.

Pendidikan luar sekolah (kursus)

Terdapat berbagai macam kursus di berbagai bidang kegiatan. Mengenai kursus bahasa Spanyol adalah sbb.:

UBA – mengeluarkan sertifikat resmi yang diakui di seluruh dunia (semacam TOEFL untuk bahasa Inggris) untuk tingkat intermediate dan advance. Namun untuk dapat mengikuti ujian tingkat intermediate saja, penguasaan bahasa Spanyol minimal setara dengan lulusan tingkat kelas ke 8 (dari sembilan tingkat yang ada), dari Kursus di Facultad de Filosofia y Letras UBA.

Disamping itu berbagai tempat kursus bahasa Spanyol tersebar di seluruh Buenos Aires, diantaranya terdapat di : Facultad de Ingenieria UBA, Universidad de Catolica (UCA), Lenguas Vivas, Berlitz yang masing-masing mengeluarkan sertifkat per tingkat sebagai tanda lulus.

Untuk keluarga masyarakat Indonesia ada beberapa orang guru yang sudah pernah dipakai oleh anak – anak keluarga besar KBRI dan dapat dihubungi kembali bila diperlukan.

Kursus bahasa asing lainnya yang tersedia di berbagai pusat bahasa antara lain adalah Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, China.

Kursus ketrampilan bervariasi: Kerajinan tangan (a.l. melukis, merajut); kesenian tari (tarian daerah, tarian klasik, tango, folklore); musik klasik (a.l.: piano, gitar, drum, harpa, terompet), musik modern (a.l. organ, tari kontemporer), olahraga (a.l. berkuda, sepakbola, hokey, tennis, berenang, macam-macam beladiri, gymnasium, ski di musim dingin dan daaerah salju, dan bahkan Yoga).

1 Comments:

At August 18, 2010 , Anonymous most interesting said...

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home