Tuesday, August 18, 2009

HUT RI ke-64

"Dengan penuh syukur ke Hadirat Yang Maha Kuasa, tanggal 17 Agustus tahun 2009 dirayakan oleh seluruh warga negara Indonesia dimana pun berada, termasuk sekitar 100 orang yang berada di Argentina. Makna Indonesia Merdeka mempunyai arti bahwa Indonesia memasuki alam kemerdekaan dengan penuh sinar harapan. Dengan darah, keringat dan air mata ketika kita merebut kemerdekaan, tentu sekarang sudah seyogyanya kita harus mempertahankannya dan dengan bangga mewariskan semangat perjuangan ini kepada generasi mendatang".

Demikian antara lain disampaikan oleh Bapak S.Z. Manurung, Dubes RI di Argentina dalam kata sambutan di hadapan seluruh peserta upacara merayakan HUT RI ke-64 di Aula lantai 3 KBRI Buenos Aires.

Dikatakan juga dalam pidato Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Rapat Paripurna DRR RI tanggal 14 Agustus yang lalu, bahwa kita harus terus menjaga aset terpenting dari revolusi kemerdekaan kita, yaitu Persatuan Indonesia. Bagi kita, persatuan adalah awal dari kebangkitan. Persatuan adalah kekuatan, dan persatuan adalah syarat utama bagi kelestarian Bhineka Tunggal Ika yang kita junjung bersama.

Upacara memperingati detik-detil proklamasi berlangsung hidmat dan diakhiri dengan menyanyikan rangkaian lagu-lagu perjuangan oleh seluruh hadirin dipimpin oleh Ibu Herawaty Manurung serta iringan musik oleh Bapak Jhony Kabul.

Rangkaian upacara resmi diakhiri dengan menyampaikan Piagam Penghargaan kepada 5 orang yang berperan aktif dalam mengembangkan hubungan Indonesia dan Argentina sesuai dengan bidangnya masing-masing, mereka adalah:
  • Padre Amans Laka, SVD
  • Padre Miguel Keins, SVD
  • Daniela Azar
  • Maria Teresa Otero
  • Javier Moreira
Acara menjadi bertambah meriah ketika diteruskan dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba atau berbagai pertandingan yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-64. Dan tidak lupa ketinggalan adalah sejumlah Permainan Anak-anak, dengan penuh semangat setiap anak ingin memberikan kontribusi untuk menciptakan suasana pesta proklamasi.

Pada kesempatan ini BRAM (Billy, Rully, Astrid, Martinus) tampil dengan lagu-lagu yang bersemangat dan mencerminkan jiwa pemuda/i yang punya kebanggaan memiliki tanah air Indonesia tercinta.

Mereka yang datang menghadiri Acara HUT RI ke-64 ini, ingin turut berperan serta menambah semarak berbagai acara yang sudah disusun oleh panitia dibawah arahan Bapak Bindu Marbun.

Anak-anak hampir semua terlibat dalam berbagai acara permainan yang dipandu oleh Bapak Sudiharto. Salah satu yang sangat menarik adalah penampilan putra/i Senor Juan menari Tarian Tradisional dari bagian utara Argentina.

Acara makan siang diawali dengan Pemotongan Tumpeng oleh Dubes RI S.Z. Manurung didampingi Ibu Herawaty yang memberikan kepada teman-teman Argentina yang banyak berperan menjalin hubungan kerja dengan KBRI.

Setelah makan siang, para tamu belum mau beranjak pulang bahkan masih bersemangat untuk mengisi acara-acara secara spontan, antara lain berkaraoke dan juga berjoget ria. Sekitar 20 orang awak kapal yang hadir mengekspresikan rasa rindu tanah air dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia yang sangat indah dan juga irama dangdut yang ternyata sangat disukai oleh semua hadirin.

Hampir menjelang senja acara perayaan HUT RI berakhir, sebagai kenangan diadakan foto bersama dan seluruh panitia perayaan HUT RI ke-64 tersenyum puas berhasil menyajikan berbagai atraksi yang akan dikenang sampai pada HUT RI berikutnya di tahun mendatang.

















0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home