Monday, December 19, 2011

"Cena de Gala", 55 Tahun Hubungan RI-Argentina


Bulan November 2011 merupakan bulan yang sangat sibuk bagi seluruh staff KBRI. Dimulai pada tanggal 3 sampai 14 November 2011, seluruh jajaran KBRI dan DWP dilibatkan dalam rangkaian kegiatan Promosi Terpadu Indonesia (PTI) 2011 di Buenos Aires. Kegiatan PTI ini dalam rangka meningkatkan promosi terhadap kekayaan seni budaya dan produk Indonesia. Adapun kegiatan PTI ini terdiri dari rangkaian acara Pameran pada Feria de las Naciones, Business Luncheon Indonesia-Argentina dan Cena de Gala (Gala Dinner).
Sekitar 70 anggota delegasi Indonesia turut terlibat dalam acara ini. Delegasi yang datang ke Buenos Aires dalam rangka PTI berasal dari berbagai instansi pemerintah yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan dan juga perusahaan swasta. Diantara delegasi yang datang, hadir pula bapak Prof. Dr. Anwar Nasution, Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia yang akan bertindak sebagai pembicara dalam acara Business Luncheon. Disamping itu KBRI juga kedatangan ibunda dari designer muda ternama yaitu Ibu Reggy Lawalata yang akan mengkoordinir langsung acara fashion show batik rancangan Oscar Lawalata dalam acara Cena de Gala. Pada kesempatan yang hampir bersamaan, KBRI Buenos Aires juga kedatangan delegasi dari Badan Pemeriksa Keuangan RI yang dipimpin oleh Anggota IV Pimpinan BPK RI, Bapak Ali Masykur Musa, beserta 7 orang anggotanya yang tengah menghadiri 14th Meeting of the Working Group on Environmental Auditing. Dengan kedatangan rombongan delegasi dari Indonesia tersebut, DWP KBRI berkesempatan mendampingi para tamu dalam program yang dikemas dalam City Tour dan Ladies Program, melihat-lihat kota Buenos Aires nan cantik atau sekedar berbelanja buah tangan khas Argentina.
Pada tanggal 8 November 2011, tepat pukul 19.00 waktu setempat, acara Cena de Gala digelar di Four Seasons Hotel–Buenos Aires. Pameran koleksi kain tradisional Indonesia dari koleksi pribadi Ibu Negara RI dan Ibu Dubes RI, menghiasi tiap sudut ruangan di sekitar aula dimana acara Cena de Gala akan segera berlangsung. Acara ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan PTI dan merupakan momentum yang tepat karena sekaligus memperingati 55 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Argentina.
Diawali dengan pertunjukkan seni musik dan tari oleh delegasi kesenian dari Indonesia dan tim seni KBRI Buenos Aires. Disamping itu para tamu juga disuguhi santapan malam berupa kuliner Indonesia yang dipersiapkan oleh Chef Agus Saepudin (chef Hotel Niaga Club) yang didatangkan khusus dari Indonesia. Acara dilanjutkan dengan fashion show busana karya perancang muda Indonesia, Oscar Lawata. Dan yang tak kalah menarik adalah sesi interaktif angklung, dimana para undangan diajak untuk bermain angklung bersama-sama dari tempat duduknya masing-masing dituntun oleh salah seorang penari Indonesia. Diantara pertunjukan tersebut diatas, terdapat satu performance yang sangat menarik, yaitu penampilan tiga orang seniwati Indonesia yang dipimpin oleh Ratih Soe Kosasie, dari Jakarta Tango Club menari Tango berpasangan dengan maestro Tango asal Argentina, dimana sang penari wanita mengenakan busana kebaya ! Tentu saja hal ini menimbulkan decak kagum bagi para undangan, karena meskipun gerakan Tango terbilang sulit ternyata dapat ditampilkan dengan sempurna oleh mereka.
Acara yang dihadiri sekitar 160 undangan yang terdiri dari pejabat pemerintahan Argentina baik dari Kemlu, Otoritas Penerbangan Nasional, senat, kongres, media massa, organisasi masyarakat dan korps diplomatik ini mendapat sambutan yang hangat. Suatu kebahagiaan tersendiri bahwa hampir seluruh sajian dan penampilan budaya Indonesia pada malam itu mendapat apresiasi yang sangat tinggi. Tidak hanya kuliner yang mendapat pujian, tapi juga seluruh pertunjukan seni yang ditampilkan. Bravo Indonesia ! -IL-