Tuesday, December 11, 2012

Penerbitan Buku Resep ¨Sabores de Indonesia¨


Buku resep "Sabores de Indonesia" ini merupakan salah satu kontribusi konkrit dari Dharma Wanita Persatuan KBRI Buenos Aires untuk kuliner Indonesia.

Buku setebal 89 halaman ini dibuat dalam 2 bahasa, yakni Inggris dan Spanyol, alasan kami membuat dalam dua bahasa tidak lain adalah agar lebih banyak yang dapat menuai manfaat dari resep-resep yang disajikan dalam buku ini. Adapun resep-resep yang dipilih juga tidak sembarang pilih, namun kami hanya menampilkan resep yang bahan/bumbunya dapat ditemukan di Argentina, Uruguay dan Paraguay, selain itu juga resep yang bahan/bumbunya bisa digantikan dengan bahan/bumbu lain yg serupa ataupun yang dapat dibuat sendiri dirumah, sebagai contoh, di Argentina tidak ditemukan toko yang menjual kecap manis, maka dalam segmen tertentu, kami juga mengajarkan cara membuat kecap manis. Beberapa info dasar lainnya juga kami tulis dalam buku tersebut, seperti kebiasaan masyarakat mengkonsumsi nasi putih 3x, termasuk pula jenis beras yang digunakan, juga mengenai tempe dan kerupuk yang sangat digemari di Indonesia.

Proses pembuatan buku yang memakan waktu hampir 6 bulan ini sendiri memuat 37 resep populer dari berbagai propinsi di Indonesia. Terdiri dari 5 kategori, yaitu lauk pauk, hidangan mandiri, kue jajanan pasar, minuman tradisional, dan keripik. Dalam kategori lauk pauk, kami menghadirkan antara lain rendang, opor ayam, tahu bacem, ikan bakar colo dabu-dabu dan ayam betutu. Sedangkan kategori hidangan mandiri, dapat ditemukan resep roti jala – kari kambing, sop tekwan, selat solo, ketoprak, dan bakwan malang. Dalam kategori kue jajanan pasar, kami sajikan wajik, lemper dan semar mendem, dadar gulung, dan kerak telor. Untuk kategori minuman khas dan keripik, kami menawarkan resep bajigur, setup nanas dan keripik paru.

Setiap resep telah di ujicoba di ‘dapur uji’ DWP, yang langsung dikerjakan oleh para pengurus DWP yaitu Ibu Ira Budhi Prihantoro, Ibu Imaya Yanuar Nasrun dan Ibu Fifi Feddy Djafar. Kami pun terjun langsung dalam membantu menterjemahkan resep-resep tersebut ke dalam bahasa asing sebatas kemampuan kami. Sedangkan berlaku sebagai food stylist dan narasi dari buku tersebut juga dikerjakan secara maksimal oleh Ibu Imaya Yanuar Nasrun.

Buku resep “Sabores de Indonesia” diluncurkan tepat pada tanggal 17 agustus ditengah-tengah jamuan makan dengan masyarakat Indonesia. Selain itu buku resep ini juga dibagikan kepada para undangan pada saat resepsi kemerdekaan RI sebagai kenang-kenangan.

Bagi kami, ini merupakan sebuah kemenangan yang membanggakan, karena membuat sebuah buku tidaklah mudah, namun semua ini tercipta berkat kerjasama yang baik, optimisme dan tekad yang bulat dari seluruh pengurus DWP.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada Ibu Duta Besar Nurmala Kartini Sjahrir atas kepercayaan yang diberikan, juga atas bantuan rekan/teman kami tercinta, Bp Rudi Henryadi, Astrid Wasistyanti, Zehan Nurhadzar, dan Diego Arango, berkat bantuan kalian, buku ini dapat tercipta dengan sangat baik.

Berjaya kuliner Indonesia di tanah Argentina, Uruguay dan Paraguay! -IYN-







 

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home