Tuesday, March 13, 2007

Fiesta Nacional de la Vendimia 2007



Bagi kita yang tinggal atau pernah tinggal di Argentina tentu mengetahui bahwa kata Mendoza identik dengan Vendimia dan minuman anggur, selain menjadi salah satu daerah olahraga ski. Memang…Mendoza mempunyai banyak potensi. Salah satunya ialah “Fiesta Nacional de la Vendimia” yang tahun ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 2 dan Sabtu 3 Maret 2007 dan seperti dari tahun ke tahun dilengkapi dengan rangkaian acara “Carnaval La Via Blanca” malam hari Jumat, “El Carrusel” hari Sabtu pagi tanggal 3 Maret dan “Pentagramas de Hileras” hari Sabtu malam yang merupakan acara puncak “Pemilihan Ratu Vendimia Nasional 2007”.

Bapak Duta Besar Republik Indonesia dan isteri hadir diantara sejumlah Duta Besar asing bersama pejabat tinggi pemerintah pusat dan daerah sebagai tamu Gubernur Julio Cesár Cobos dalam seluruh rangkaian acara untuk melihat dan berkenalan dari dekat dengan para Ratu Kotamadya se propinsi Mendoza yang menjadi kandidat Ratu Vendimia Nasional disamping bertatap muka dengan para pengusaha setempat.

Pemilihan Ratu Nasional Vendimia dilakukan setiap tahun sejak tahun 1936 di panggung terbuka “Teater Griego Frank Romero Day” yang terletak di daerah perbukitan berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota. Acara ini sangat spektakular mengingat pertunjukan kesenian kolosal “Pentagrama de Hileras” yang ditampilkan melibatkan sekitar 700 orang penari selama kurang lebih 3 jam. Teater /panggung terbuka ini dapat menampilkan tata cahaya, tata suara, dan koreografi yang apik diantaranya menghadirkan kereta api betulan seolah membawa produk buah anggur dari dan ke tempat penjualannya, musik-musik tradicional dan tari-tarian yang menggambarkan suasana panen anggur yang menjadi urat nadi kehidupan rakyat Mendoza diselingi cahaya bulan yang kontras dengan gelapnya malam dan diakhiri dengan pesta kembang api menyambut terpilihnya Ratu Nasional Vendimia tahun 2007. Teater terbuka ini dapat menampung sekitar 21.600 penonton sehingga mendapat sebutan sebagai festival anggur terbesar di kawasan Amerika Latin. Dalam beberapa hari tersebut di propinsi Mendoza tercatat lebih dari 68 ribu wisatawan yang mendatangkan devisa 63 juta pesos, 55% adalah warga Argentina, selebihnya orang asing terutama Chile.

Sebanyak 17 orang Ratu Kotamadya mewakili daerah masing-masing dengan pakaian tertutup yang rapih dan indah menebarkan senyum manisnya serta melambaikan tangan ke sejumlah kurang lebih 21.600 orang penonton memberi kesan sangat simpatik. Sebanyak 300 suara disebar diantara tamu asing dimana 200 dari jumlah tersebut diambil dari para Duta Besar dan isteri, tamu pejabat tinggi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan tidak lupa melibatkan 25 suara yang disaring dari 21.600 tempat penonton. Panitia penghitungan suara menyimpan 50 suara untuk cadangan bila ada persaingan ketat dan jumlah sama bagi lebih dari satu kandidat. Setiap kartu suara yang dibuka maka pembawa acara menyebutkannya secara jelas nama Kotamadya yang diwakili Ratu daerah tersebut, dan dengan begitu memberi kesempatan kepada para pendukung fanatik untuk menggelar suara …horeee.diiringi gerai bendera berisi nama Ratu Kotamadya bersangkutan. Ratu Nasional Vendimia tahun 2007 dimenangkan oleh Maria Paula Garcia dari daerah Guaymallén dengan mendapat 51 suara, dan Wakil Ratu Sabrina Alvarez dari daerah Luján de Cuyo mendapat 50 suara yang dengan demikian mereka akan melakukan promosi potensi Mendoza sepanjang tahun 2007 terutama mengenai minuman anggur dan hasil buah anggur. Jangan lupa kalau anda melihat etiket merk minuman anggur merah “Malbec” atau minuman anggur putih “Blanco Torrontes” itu adalah produk spesial dari Argentina.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home