Thursday, February 22, 2007

Complejo Minahasa

Dalam bahasa Indonesia Complejo Minahasa maksudnya adalah Kompleks rumah Minahasa. Kompleks ini di bangun oleh Miguel Nogues dan Maria Sol Durini de Nogues dan dijadikan Villa, tempat peristirahatan yang disewa kepada publik. Mereka sebelumnya bertugas sebagai diplomat di Kedutaan Besar Argentina Jakarta tahun 1994-1998. Pasangan ini sangat menyukai orang-orang Indonesia dan budayanya. Lebih jauh mereka tertarik untuk membawa kenang-kenangan dari Indonesia. Ternyata pilihan jatuh pada Rumah Minahasa yang dianggap kokoh dan terbukti sampai sekarang kayunya tidak ada yang keropos serta cocok dengan suasana Delta Tigre yang mirip dengan kepulauan di Indonesia.

Disekeliling kompleks rumah Minahasa banyak pohon ilalang yang dibiarkan tumbuh meninggi menurut alamnya, menambah suasana seperti di pedesaan. Bayangkan saja kita dapat mendengar hembusan angin dari gesekan ilalang, hal ini menambah suasana alam yang dibiarkan apa adanya sehingga suasana yang terasa seperti di pedesaan yang luas.

Kembali ke soal bangunan rumah Minahasa, mereka memilih beberapa variasi kayu untuk mewakili variasi kayu yang ada di tempat asalnya. Diantaranya ada kayu yang baunya wangi dan ada juga kayu kelapa yang dipotong setelah usianya mencapai seratus tahun. Mereka berkenalan dengan pemilik perusahaan dan keluarga yang membangun rumah Minahasa di sebuah pameran di Jakarta yang mengajak mereka datang langsung ke Minahasa. Agar supaya mereka bisa membangunnya di Argentina, maka akhirnya diajak enam orang tukang kayu Minahasa ke Argentina. Proses pembangunan keseluruhannya juga dibantu oleh tukang setempat dan dilakukan modifikasi untuk kepraktisan misalnya mengenai ketinggian rumah.

“Complejo Minahasa” memiliki 4 buah rumah Minahasa yang cukup besar ukurannya, dengan jarak yang saling berjauhan dengan bentuk yang berbeda beda. Arti Minahasa sendiri menurut yang disampaikan pembuat rumah kepada Maria Sol Durini dan Miguel Nogues adalah “perjalanan ke langit”. Oleh karena itu tiap rumah yang dibangunnya di Tigre di beri nama: Bulan, Bintang, Matahari dan Nusantara. Diantara keempat Rumah ini, yang paling besar adalah Matahari bisa ditempati sekitar 8 orang, yang kedua Nusantara untuk 7 orang dan Bulan, Bintang masing-masing untuk 6 orang.

Jangan lupa, perjalanan ke rumah Minahasa adalah dengan perahu sekitar tiga puluh menit dari Puerto de Frutos dan untuk bisa tiba di tujuan, kita masih harus kompromi dengan alam, soalnya, kalau debit air sungai sepanjang Arroyo Esperita turun, maka perahu tidak bisa lewat. Namun justeru disinilah uniknya, kita berhadapan dengan alam sesuatu yang tidak bisa dipastikan tetapi sebaliknya kalau ada desempatan berkunjunglah kesana karena suasana alam yang kental belum tentu bisa ditemukan ditempat lain.




7 Comments:

At April 06, 2010 , Blogger Josefina Zurita said...

Quisiera contactarme con El Señor Miguel Nogués, por el complejo Minahasa. odrian ayudarme? Saludos cordiales. Josefina Zurita

 
At November 28, 2016 , Blogger Unknown said...

Baltimore Ravens head coach Nike Air Max 90 John Harbaugh nfl jerseys store was once accused of not knowing NFL rules. Not louboutin outlet sure we can argue that after Sunday’s victory — Nike Air Max 2015 Shoes and how christian louboutin uk the Ravens won — wholesale nfl jerseys over the Cincinnati Bengals.

The Ravens led 19-12 over the Bengals and with NFL Jerseys 11 seconds left on fourth down from their own 23-yard line. Harbaugh, the christian louboutin shoes former special-teams coordinator, wanted Nike Free Run to make sure Nike Roshe Run there would not be a blocked punt or a long punt return by the cheap nfl jerseys Bengals — and he took advantage of a rule to prevent that from happening.

 
At July 21, 2017 , Blogger Unknown said...

pandora jewelry
adidas superstar
cheap jordans
adidas shoes
hogan outlet online
led shoes
adidas tubular
nike air zoom
led shoes
longchamp outlet

 
At July 25, 2017 , Blogger Unknown said...

coach outlet
ralph lauren outlet
ugg boots
polo ralph lauren
christian louboutin shoes
fitflops sale
christian louboutin sale
pandora jewelry
jacksonville jaguars jersey
ugg outlet

 
At September 07, 2017 , Blogger Unknown said...

vibram fivefingers
adidas shoes
pandora charms
chrome hearts online store
kyrie irving shoes
nike dunks shoes
cheap jordans
adidas ultra boost
michael jordan shoes
nike roshe run

 
At November 06, 2017 , Blogger jeje said...

hermes belt
kobe basketball shoes
nike mercurial
michael kors outlet
moncler
air force ones
links of london
nike roshe run
michael kors outlet
michael kors outlet

 
At May 24, 2019 , Blogger yanmaneee said...

jordan shoes
golden goose outlet
air max 270
yeezy boost
curry 4
nike off white
Kanye West shoes
coach outlet
ferragamo belts
golden goose

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home