Monday, July 09, 2007

Turunnya Salju Di Buenos Aires

Kejutan datang dengan jatuhnya salju di Buenos Aires, Capital Argentina pada hari Senin, 9 Juli 2007, bertepatan dengan peringatan hari Kemerdekaan Argentina yang ke-191. Kejadian ini termasuk ganjil karena terakhir kali Buenos Aires diselimuti salju sekitar 80 tahun yang lalu.

Hawa dingin yang menyerang Argentina sejak hari ini, menyebabkan datangnya salju di berbagai daerah di negara ini, pada akhirnya menimbulkan fenomena langka di Buenos Aires.

Di jalan-jalan Capital dan sekitarnya, banyak orang terutama anak-anak yang keluar dari kediamannya menikmati salju yang turun, sementara siaran televisi lokal menyiarkan penduduk yang bertemu secara spontan di antara kelebatan salju di taman-taman kota untuk merayakan kejadian ini.

Menurut Servicio Meteorologico Nacional, suhu sepanjang hari di Buenos Aires adalah 1°C. Terakhir kali turunnya salju di Capital pada tahun 1928, berarti hampir 80 tahun yang lalu. Diprediksi untuk hari-hari selanjutnya, suhu rendah ini akan terus berlangsung di sebagian besar daerah-daerah di seluruh Argentina.


Reuters, Buenos Aires, 9 Juli 2007 (Femina Affandi-Baudot)