Sunday, October 12, 2008

Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1429 H

Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Sesungguhnya ada makna yang dalam di balik kata maaf, pada saat setiap insan bersalam-salaman merayakan Idulfitri, kata maaf seolah "berhamburan". Begitu banyaknya kata maaf diucapkan sehingga malah mengecilkan esensinya, menjadi bermakna biasa. Menilik pada Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata maaf adalah pembebasan seseorang dari hukuman karena kesalahan, ungkapan permintaan ampun atau juga ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu.

Sikap memaafkan dianjurkan oleh semua agama di dunia ini, karena punya keyakinan bahwa Tuhan selalu mengampuni kesalahan umat-Nya. Sikap pemaaf sangat positif karena kita belajar makna dari toleransi, menguji kesabaran dan juga belajar mengendalikan perilaku sehari-hari.

Untuk menyadari makna saling memberi maaf, saat Idulfitri diartikan sebagai "pesta kemenangan" karena telah lulus ujian berat berpuasa sebulan penuh.

Keluarga Besar KBRI Buenos Aires menyambut gembira datangnya Idulfitri 1 Syawal 1429 H, ditandai dengan Acara Makan Siang Bersama pada hari Rabu tanggal 1 Oktober 2008 di Wisma Duta. Selain dihadiri oleh Staf dan Keluarga, tampak juga kelompok musisi orang-orang Argentina pencinta gamelan, rekan-rekan Dubes Sunten Z. Manurung dari Kementrian Luar Negeri Argentina, dan tentu saja para ABK (Anak Buah Kapal) yang kebetulan sedang berada di Buenos Aires.

Hidangan khas Lebaran Ketupat dan lauk pauknya, beserta aneka kue-kue Indonesia menjadi obat kangen dalam upaya mencoba menciptakan iklim bersilahturahmi, ber halal-bi-halal di antara para perantau. Dalam situasi ini, sepatutnya kita memang harus memberi makna luar biasa yang terkandung dalam kata "maaf" sehingga keagungannya tetap terasa, hati yang fitri menjadi milik kita menjalani hari hari yang masih panjang.

Sore harinya, selesai acara dari Wisma Duta, Keluarga Besar KBRI Buenos Aires menuju Airport Ezeiza, melepas Bapak Erick Tomodok beserta keluarga yang pulang ke Jakarta. Angela Christiana, bayi mungil yang cantik itu sudah memasuki usia 3 bulan dan atas izin dokter sudah dapat diajak dalam penerbangan panjang menuju tanah air.

Masih dalam suasana saling bermaafan, jabat tangan yang erat menandai pernah ada hubungan dalam sebuah keluarga besar yang saling bekerja sama, diiringi doa dan harapan, semoga meski kita nanti saling berjauhan tetap dalam lindungan-Nya.

Selamat jalan... Adios Amigo... Adios our friend...

2 Comments:

At October 13, 2008 , Anonymous Anonymous said...

Selamat hari Raya Idul Fitri 1429 H. dan mohon maaf lahir batin.

kel. wati F yudi

 
At October 21, 2008 , Anonymous Anonymous said...

Sebelum bulan Syawal 1429 H berakhir, untuk yang merayakan, kami sekeluarga juga turut mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir & batin..

Selamat jalan untuk Bpk Erick sekeluarga, semoga senantiasa dilindungi Yang Maha Kuasa..

Terima kasih sekali lagi untuk segala bantuan & persahabatan dari keluarga besar KBRI di Bs As. Semoga kita dapat berjumpa lagi di lain kesempatan..

Keluarga G. Baudot

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home