Friday, October 16, 2009

46 Fiesta Nacional de la Flor 2009

Setiap tahun di kota Escobar, kota yang dikenal sebagai Capital Nacional de la Flor, diselenggarakan Festival Bunga pada musim semi. Tahun ini merupakan tahun ke-46 dan dibuka untuk umum mulai tanggal 26 September sampai tanggal 12 Oktober 2009.

Kota Escobar masih dalam area Propinsi Buenos Aires, letaknya sekitar 1 jam naik mobil ke arah utara, kurang lebih 60 km dari Capital. Di kota yang dikenal sebagai Kota Pembibitan, dimana hampir semua bibit bunga dikembangkan di kota ini, terdapat berbagai macam usaha/perusahaan yang berhubungan dengan tanam-tanaman. Udara musim semi yang agak sejuk dan bermandi matahari, membuat kota kecil ini menjadi lebih ramai pada hari-hari ketika Festival Bunga berlangsung.

Pada acara Festival Bunga tahun ini, hampir dari semua propinsi mengirimkan berbagai macam bunga yang menjadi ciri khas dari tempatnya masing-masing, seperti Bunga Ros yang besar-besar dan berwarna cerah datang dari Propinsi Santa Fe, demikian juga Bunga Gladiol dengan berbagai warna menarik didatangkan dari La Rioja. Ternyata aneka bunga anggrek juga dibudidayakan di Escobar, dan disana terdapat sekelompok masyarakat Jepang pecinta anggrek yang khusus mempelajari berbagai jenis bunga anggrek dan selalu berpartisipasi dalam Festival Bunga setiap tahun.

Argentina tidak diragukan dalam bidang pertanian, tanahnya yang sangat luas dan sangat subur, menyebabkan negeri ini menjadi penghasil berbagai jenis tanaman yang menjadi sumber devisa, antara lain kacang kedelai, jagung, gandum, dll. Tetapi tidak kalah pentingnya ternyata yang dibanggakan adalah berbagai jenis bunga yang sangat cantik, sehingga di kawasan Amerika Selatan Festival Bunga ini menjadi tujuan para turis yang datang dari negara-negara di sekeliling Argentina.

Wanita dan Bunga

Apakah ada seorang wanita yang tidak suka bunga? Atau adakah bunga yang cantik tidak menarik perhatian wanita?

Wanita sering diibaratkan bunga, artinya ada waktu mekar berseri dan kelak tiba waktunya menjadi layu dan diabaikan. Dan sewaktu bunga mekar berseri banyak kumbang-kembang mengelilingi dan ingin memetik.

Para Ibu yang bergabung dalam DWP KBRI Buenos Aires juga tertarik untuk berkunjung ke Escobar. Melihat secara langsung Festival Bunga bisa membuat umur bertambah panjang, demikian komentar Ibu Hety Marbun. Maka Hari Jumat tanggal 2 Oktober 2009, Ibu Herawaty Manurung penuh antusias mengajak Ibu Dewi Jhoni, Ibu Dewi Dharyana dan Ibu Sri Lestari menikmati indahnya pemandangan taman bunga yang seperti tidak berbatas. Sejauh jauh mata memandang, hamparan bunga indah dengan berbagai warna cantik menyebabkan para Ibu menahan nafas tertegun dan berbisik "Sungguh mempesona ciptaan Sang Khalik... Dan alangkah tergodanya hati untuk memetik.."

Tidak terasa satu hari berlalu di taman bunga, dan tidak ada rasa bosan mengelilingi, mengagumi dan ingin membawanya pulang.





0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home