Tuesday, December 25, 2012

Bazar Navideño 2012

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, pada tanggal 4 Desember 2012 yang lalu, DWP KBRI kembali mengulang sukses dalam menyelenggarakan Bazar Navideño 2012. Bazar yang selalu diadakan pada bulan Desember dan sengaja diadakan menjelang hari raya Natal ini selalu menjadi pusat perhatian bahkan selalu dinanti-nanti tidak hanya oleh warga setempat tetapi juga oleh para spouse korps diplomatik yang ada di Buenos Aires. 

Sekitar 75% barang dagangan habis terjual, diantaranya berupa kerajinan tangan khas Indonesia, berbagai jenis produk garment, asesoris, souvenir dan lain sebagainya. Seperti pada bazar pada tahun-tahun sebelumnya, Barbara Mintz dan Gabriela turut berpartispasi kembali menyemarakkan stand bazar kami. Konsep bazar ini tidak hanya berupa stand-stand barang jualan, tetapi juga stand makanan dan minuman sehingga kami juga menyiapkan  mini cafe yang memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk sekedar duduk-duduk minum kopi atau teh sambil menikmati jajanan pasar khas Indonesia. Dalam rangka promosi kuliner Indonesia, DWP menjual 9 jenis jajanan pasar dan postre berupa : lemper ayam, panada tore, pisang goreng coklat keju, bolu kukus, risoles, kue marmer, mie goreng, dua jenis minuman yaitu es sarang burung dan kolak pisang. Semua jenis jajanan pasar tersebut terjual laris manis karena selain mereka menyukai rasanya juga harganya yang murah meriah.

Alhamdulillah, secara garis besar, dari segi omzet maupun jumlah pengunjung Bazar Navideño 2012 ini mengalami peningkatan yang menggembirakan. Cuaca yang sangat bersahabat  juga turut mendukung bazar yang berlangsung mulai jam 11.00 sampai jam 19.00. Kekhawatiran kami akan terjadinya hujan badai (tormenta) tidak terjadi karena pada beberapa minggu terakhir sering terjadi tormenta di Buenos Aires. 

Semua barang dagangan bahkan display kami mendapat apresiasi yang sangat tinggi.  Ada cerita lucu pada bazar kali ini, yaitu banyaknya pengunjung yang  tertarik ingin membeli kebaya sulam usus dan kain selendang batik prada serta beberapa kain batik tulis padahal merupakan display yang sengaja kami tampilkan untuk dekorasi bazar. Bahkan ada salah satu pengunjung yang bersikeras ingin membeli peralatan membatik canting yang kami display. Merupakan kebanggaan tersendiri bahwa tidak hanya barang-barang dagang kami yang laris terjual tetapi juga barang display-pun ingin mereka beli. Berdasarkan beberapa komentar pengunjung, bazar ini menyajikan variasi dan kualitas produk yang menarik serta variasi jajanan pasar yang bercita rasa nikmat dan menyarankan agar Indonesia bisa mengadakan bazar seperti ini sesering mungkin minimal 2 kali  dalam setahun. Sebagai tanda terima kasih kepada pengunjung bazar dan juga sebagai ajang promosi kuliner Indonesia, kami memberikan souvenir yang menarik diantaranya berupa catatan beberapa resep masakan Indonesia secara cuma-cuma. 

Dalam setiap penyelenggaraan event apapun baik di dalam negeri maupun di kancah internasional, Indonesia selalu berusaha menampilkan yang terbaik dan memikirkan segala sesuatu dengan sedetil-detilnya. Persiapan bazar ini pun memakan waktu kurang lebih selama 2 minggu, itupun diselingi dengan latihan poco-poco yang akan ditampilkan dalam rangka Asian Festival 1 Desember 2012 yang lalu. Namun, seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, tampaknya betapapun sibuknya kami tetapi masih bisa melakukan kegiatan lain dengan lancar. 

Berkat kerjasama yang baik dan juga atas bantuan dan dukungan dari  Penasihat DWP serta fungsi Pensosbud dan staff KBRI, akhirnya pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran panitia Bazar Navideño 2012 yang tercurah demi suksesnya penyelenggaraan bazar terbayar sudah. Kendala yang menghadang pun dapat kami lalui berkat usaha dan kerjasama dari semua pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas semua bantuan dan dukungannya sehingga bazar ini dapat berjalan lancar dan sukses !!  -IBP- 

Brosure Bazar Navideño 2012

Display kebaya sulam usus dan batik prada serta beberapa kain batik tulis yang banyak diminati pengunjung.

Panitia Bazar Navideño 2012, Pengurus DWP KBRI Buenos Aires.  

Beberapa jenis souvenir cantik yang dijual

Bahkan display ini pun ingin dibeli pengunjung :) 

Para pengunjung bazar menikmati snack dan postre khas Indonesia
  
Produk garment yang menarik..so colorful ! 

Koordinator Bazar, Ibu Ira Budhi Prihantoro bersama pengunjung bazar

Jajanan pasar khas Nusantara...lariss maniss !!