Thursday, January 24, 2013

Kisah Perempuan Merah Putih & Wali Pohon


Awal tahun 2013, empat pendaki perempuan Indonesia yang tergabung dalam tim "Perempuan Merah Putih" mencoba mencapai puncak tertinggi di Amerika Latin setelah sebelumnya pada waktu yang hampir sama, tim Srikandi Airlangga dari Universitas Airlangga juga belum berhasil mencapai puncak gunung Aconcagua - Argentina. Sementara pendakian Tim “Perempuan Merah Putih” setelah mencapai puncak gunung Bonete, 5.100 meter diatas permukaan laut (mdpl) pada 4 hari berikutnya mencoba mendaki puncak Aconcagua, namun akibat cuaca dan kondisi yang kurang bersahabat pendakian terhenti pada ketinggian 6.500 mdpl dari puncak 6.962 mdpl. 

Tim "Perempuan Merah Putih" merupakan tim pendaki yang kesemua anggotanya terdiri dari perempuan, yang dipimpin oleh Ibu Nungky Irma Nurmala Pratikto. Suatu hal yang membuat tim ini terkesan berbeda dan unik adalah karena tergabung dari berbagai profesi dan bahkan dari ibu-ibu yang sudah berusia diatas 50 tahun namun jiwa dan semangat mereka tidak kalah dengan mereka yang masih muda belia. Tim ini sebelumnya telah berkunjung ke 3 negara, yaitu Rusia untuk mendaki puncak gunung Elbrus (gunung tertinggi di benua Eropa),
 ke Jepang untuk mendaki puncak gunung Fujiyama dan ke Australia untuk mendaki puncak gunung Kosciuszko (gunung tertinggi di benua Australia). Argentina merupakan negara ke-empat yang dikunjungi dalam rangka mendaki puncak Bonete dan puncak Aconcagua. Tim "Perempuan Merah Putih" mendapat dukungan dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga, selain itu sebagai anggota Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri, ibu Nungky juga mendapat support dari rekan-rekannya. 

Mereka berkunjung ke beberapa negara tersebut tentunya dengan tujuan tidak hanya berwisata layaknya turis asing, namun membawa misi dan pesan khusus yang ingin disampaikan khususnya kepada kaum perempuan bahwa kegiatan apapun dapat dilakukan oleh kaum perempuan, termasuk kegiatan olahraga di alam terbuka yaitu mendaki gunung. Kegiatan mendaki gunung merupakan cerminan perjuangan demi tercapainya suatu tujuan meskipun untuk mencapainya sangatlah sulit namun apabila disertai doa kepada Yang Maha Pencipta dan semangat yang pantang menyerah, insya Allah tujuan tersebut bisa tercapai.

Dalam kesempatan acara tatap muka tim "Perempuan Merah Putih" dan masyarakat Indonesia di KBRI,  Ibu Nungky menceritakan kepada kami secara langsung pengalamannya bersama 3 anggotanya, yaitu Ibu Tatty Djachrab, Ratih Adriansyah dan Nisa Fadilatul Rohmah (pendaki termuda diantara mereka) tentang perjalanan pendakian mereka. Ibu Nungky juga menjelaskan salah satu program penghijauan yang bertujuan sangat mulia bernama "Wali Pohon", dimana kita dapat ikut mensukseskan program penghijauan dan turut terlibat langsung dalam usaha perbaikan hutan di Indonesia dengan donasi sebesar Rp 50.000 dan kelipatannya. Donasi tersebut digunakan untuk penanaman dan pemeliharan pohon selama 3 tahun. Uniknya, pendonasi yang disebut sebagai "Wali Pohon" akan menerima nomor sertifikat yang dapat digunakan untuk memantau pohon yang sudah diadopsi melalui website. Karena ditanam di kawasan konservasi, maka pohon tersebut dilindungi oleh undang-undang dan tidak boleh ditebang. Dalam kesempatan yang baik ini, DWP KBRI telah turut berpartisipasi dalam program ini sebagai "Wali Pohon Masigit Kareumbi". Memang hasilnya tidak secara langsung dapat dirasakan oleh kita saat ini, namun akan dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita kelak di masa yang akan datang.

Ibu Nungky telah mengemas kisah tentang pendakiannya dalam bentuk buku dan puisi dimana bukunya sudah terbit di Indonesia. Dalam buku karya beliau  yang berjudul "Perempuan Merah Putih", ada suatu harapan yang patut kita renungkan: "Sejajarkanlah semangat dan cita-cita kita kaum perempuan dengan semangat dan cita-cita pendamping kita yaitu kaum laki-laki, melalui pendidikan, olahraga dan pekerjaan dalam berbagai profesi, serta berbagai kegiatan positif dan bersinergi dalam mewujudkan cita-cita keluarga, yang selanjutnya akan menuju kepada pencapaian cita-cita bangsa, mewujudkan tujuan Pembangunan Millenium".

Kedatangan tim ekspedisi ini tentunya menambah inspirasi dan motivasi bagi kaum perempuan khususnya kami, istri pendamping suami yang sedang bertugas di luar negeri, untuk terus berkarya dan belajar dari mereka tentang keteguhan sikap dan tidak kenal lelah dalam berusaha dan berjuang demi mencapai suatu tujuan yang mulia. Dan juga membuktikan bahwa perempuan dengan segala keterbatasannya bisa melakukan suatu hal yang luar biasa. Jayalah selalu perempuan Indonesia dimanapun kau berada ! (IL)

11 Comments:

At February 01, 2013 , Blogger Dharma Wanita Persatuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai said...

This comment has been removed by the author.

 
At February 01, 2013 , Blogger Dharma Wanita Persatuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai said...

Halooo...salam kenal dari Blog Dharma Wanita Persatuan Direktorat Jenderal Bea Cukai, Kementerian Keuangan RI di Jakarta.... Kami baru saja terbentuk..boleh saling link untuk berbagi informasi? terimakasih...salam dari tanah air... :)

 
At February 19, 2013 , Blogger DWP KBRI Buenos Aires said...

Halo, salam kenal juga. Terima kasih atas komentar nya, senang berkenalan dengan DWP Dirjen Bea Cukai. Tentu saja boleh dibuat link nya, kami juga sangat berterima kasih untuk itu. Salam hangat dari jauh :)

 
At July 21, 2017 , Blogger Unknown said...

pandora charms
dior sunglasses
tom ford eyewear
michael kors outlet
fitflops
adidas superstar shoes
adidas ultra boost uncaged
af1
timberland outlet
links of london

 
At July 25, 2017 , Blogger Unknown said...

ray ban sunglasses
coach outlet
ralph lauren
nike huarache
nike factory outlet
michael kors uk
michael kors outlet online
michael kors outlet
polo ralph lauren
coach outlet store online

 
At September 07, 2017 , Blogger Unknown said...

yeezy shoes
kobe basketball shoes
jordan 12
light up shoes
longchamp bags
adidas online shop
ultra boost
nike air huarache
yeezy boost 350
links of london

 
At November 06, 2017 , Blogger jeje said...

adidas nmd r1
yeezys
true religion jeans
nike air zoom structure 19
kate spade handbags
adidas superstar
nike air force 1 low
yeezy boost 350
nike air max 90
yeezy boost 350 v2

 
At July 04, 2018 , Blogger Unknown said...

www0705
cheap jordans
cheap jordans
air jordan retro
moncler jackets
true religion jeans
denver broncos jerseys
ugg outlet
cheap football shirts
nike shoes
jerseys from china

 
At November 08, 2018 , Blogger zzyytt said...

golden goose outlet
yeezy boost 350 v2
crazy explosive
nike roshe
moncler
yeezy
custom baseball jerseys
outlet golden goose
golden goose slide
russell westbrook shoes

 
At November 24, 2018 , Blogger zzyytt said...

yeezy shoes
jordans
lacoste outlet
michael kors purses
lebron 16
yeezy boost
kobe shoes
michael kors handbags
red bottom heels
nike air max 2017

 
At December 11, 2018 , Blogger Unknown said...

valentino
jordan shoes
fenty puma
zx flux
coach outlet handbags
red bottom shoes
longchamps
nmd
longchamp
timberland shoes

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home