Friday, April 04, 2014

Belajar Membuat Bakpia Pathuk Kacang Hijau

Berawal dari rasa rindu dengan salah satu jajanan pasar tradisional bernama bakpia pathuk dan juga keingintahuan yang tinggi mendorong niat kami untuk belajar membuat penganan kecil yang berbentuk mini namun memiliki rasa yang sangat nikmat ini. Maka pada awal Maret yang lalu DWP KBRI berkesempatan untuk ber'guru' dengan salah satu sahabat kami, ibu Warana Tripurasasi atau yang biasa kami panggil bu Sasi, yang bersedia dengan senang hati berbagi ilmunya.
 
Ternyata meskipun bentuknya sederhana, membuat bakpia memiliki keunikan dan trick tersendiri. Ingredients yang dibutuhkan semua tersedia di sini sehingga kami semakin bersemangat untuk segera mencoba resepnya. Kudapan ini sangat cocok untuk di suguhkan pada saat arisan dan pada acara-acara lainnya sebagai pelengkap mirienda atau acara coffe morning dan high tea.

Hari Rabu yang cerah tepat pukul 10.30 pagi kami memulai demo membuat bakpia, bertempat di kediaman ibu Sasi di Espora 901, San Isidro. Sayangnya ketika itu formasi ibu-ibu tidak lengkap dan banyak yang berhalangan untuk hadir karena kesibukan masing-masing dan salah satu Pengurus juga sedang cuti ke Indonesia. Sembari menunggu bakpia dipanggang dalam oven, kami pun makan siang bersama, dengan menu potluck yang kami bawa dari rumah masing-masing. Tak berapa lama kemudian bakpia pun matang karena kami tidak sabar ingin segera mencicipi maka bakpia fresh from the oven langsung disantap. Hmmmm....Que rico!! Itulah kesan kami atas rasa bakpia tersebut. Benar-benar mirip aslinya!!

Demo berakhir pada pukul 14.00 siang. Sebelum acara usai secara simbolis DWP menyerahkan souvenir tanda terima kasih kepada Ibu Sasi. Meski beliau tidak mengharapkan bingkisan tapi bagi kami DWP,  merasa  beruntung mendapat 'ilmu' baru, dan souvenir tersebut sebagai apresiasi tanda terima kasih kami kepada beliau. Dan sebelum beranjak pulang kami masing-masing mambawa bakpia hasil buatan kami. Alhamdulillah kami tidak penasaran lagi cara membuat bakpia. Meskipun jauh di rantau, kudapan sederhana sebagai tombo kangen akhirnya dapat kami buat sendiri. (IL)

Resep Bakpia Pathuk Kacang Hijau

Bahan Isi :
400 gram kacang hijau kupas (direndam 2 jam atau lebih dengan air hangat)
400 gram gula putih
1 sdt garam
1 sdt vanili
1 sdm butter

Bahan Lapisan 1 :
150 gram terigu
50 cc minyak sayur atau minyak kelapa
1 sdm butter

Bahan Lapisan 2 :
500 gram tepung terigu
150 ml air hangat
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
100 cc minyak sayur

Minyak untuk olesan :
50 cc minyak sayur untuk olesan atau rendaman adonan (taruh di piring besar)

Cara membuat isi : 
1. Tiriskan kacang hijau yang sudah direndam kemudian kukus 20 menit atau sampai empuk
2. Setelah empuk angkat dari api dan sisihkan
3. Siapkan wajan atau wok diatas api sedang tuangkan kacang hijau dan gula putih aduk perlahan-lahan hingga kacang hijau dan gula tercampur rata lalu tambahkan butter aduk sampai rata dan kalis, kemudian angkat, sisihkan
4. Setelah adonan kacang hijau dingin, ambil satu sendok makan penuh dan bentuk menjadi bulat pipih, lakukan hingga adonan kacang hijau habis (buat menjadi 40 bulatan)

Cara membuat lapisan 1 : 
Campur tepung terigu, minyak sayur dan butter aduk hingga lembut, sisihkan.

Cara membuat lapisan 2 :
Campur terigu dan garam, aduk gula dengan air hangat sampai larut kemudian campur dengan tepung sambil diuleni kemudian masukkan minyak dan terus diuleni lebih kurang 10 - 15 menit. Pulung adonan sebesar dua kali kelereng dan pipihkan, ambil satu sendok teh adonan lapisan 1 lalu oleskan diatas adonan 2 sampai merata, bentuk menjadi bulatan sampai adonan habis (kurang lebih 40 bulatan). Kemudian digulung-gulung diatas minyak sayur yang telah disiapkan diatas piring biarkan minyak meresap ke dalam adonan selama 20 menit.

Ambil satu biji adonan lapisan 2, pipihkan hingga agak lebar, isi dengan adonan isi kacang hijau lalu tutup dan lakukan hingga semua adonan habis. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat C.

Setelah oven panas, masukkan bakpia dan panggang selama 20 menit. Agar dua sisi berwarna kuning, balik bakpia pada 10 menit pertama. Setelah matang angkat bakpia dari oven, dinginkan. Dan bakpia pathuk siap dihidangkan bersama secangkir teh manis :)