Wednesday, January 29, 2014

Bazar Navideno 2013 : Un Exito Total!

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, Dharma Wanita Persatuan KBRI Buenos Aires kembali mengulang kesuksesan dalam menyelenggarakan BAZAR NAVIDEÑO di Argentina. Bazaar yang selalu diadakan pada penghujung tahun ini selalu menjadi pusat perhatian tidak hanya oleh warga setempat, tetapi juga oleh para spouse korps diplomatik yang berada di Buenos Aires.

Kegiatan bazaar ini sendiri bertujuan dalam upaya mendukung promosi budaya maupun kuliner Indonesia di Argentina. Seperti tahun-tahun sebelumnya, bazaar BAZAR NAVIDEÑO kali ini diadakan pada bulan Desember bertempat di Wisma Duta KBRI. Pada acara bazaar ini, Wisma Duta didekorasi dengan aneka pajangan dan kerajinan khas Indonesia. Berbagai produk Indonesia yang ditampilkan diantaranya berupa pakaian dan tas batik, ornamen maupun kerajinan tangan lainnya. Panitia bazaar juga terlihat kompak mengenakan kebaya encim dan sarung batik, yang juga menarik perhatian para pengunjung.
Berdasarkan pengakuan banyak pengunjung, BAZAR NAVIDEÑO tahun ini sungguh berbeda, baik dilihat dari tingginya animo masyarakat Buenos Aires terhadap produk-produk dan kuliner Indonesia, maupun dari segi variasi hidangan dan produk yang ditampilkan. Sejumlah pengunjung dan peserta bazaar menyatakan bahwa kegiatan bazaar kali ini adalah yang paling ramai dan sukses yang pernah diadakan DWP KBRI Buenos Aires selama ini. Bazaar yang dimulai pada pukul 11.00 dan berakhir hingga pukul 19.00 ini seakan tiada henti didatangi pengunjung. Bahkan meskipun acara sudah berakhir pada malam harinya, pengunjung masih terus berdatangan ke lokasi bazaar.

Ratusan pengunjung yang menghadiri BAZAR NAVIDEÑO berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, seperti tamu-tamu diplomatik, pegawai swasta, ibu rumah tangga, pelajar maupun kalangan pers. Bahkan, sejumlah selebritis dan senator juga tampak hadir di kegiatan bazaar ini. Kehadiran mereka sempat membuat heboh para pengunjung yang ingin mengabadikan foto bersama.

Salah satu stand yang paling banyak mengundang perhatian masyarakat adalah Warung Pojok Indonesia, yang menghidangkan aneka ragam jajanan pasar dan hidangan khas Nusantara. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, variasi kuliner yang ditampilkan tahun ini jauh lebih banyak dan beraneka ragam.

Aneka kue tradisional yang dijajakan di atas tampah tradisional juga terlihat menarik minat pengunjung,  diantaranya bolu kukus, kue cubit, lapis singkong, martabak telur, kue pepe, dadar gulung, lemper, risoles, dan kue pisang. Selain itu, Warung Pojok juga menawarkan hidangan lain seperti mie goreng, nasi goreng, bakso goreng, otak-otak, aneka kue kering dan kerupuk, rujak maupun es buah.  Dikarenakan jumlah pengunjung yang membludak pada bazaar tahun ini, jajanan pasar pun bahkan habis sebelum pukul 15.00.

Sebagai kesatuan dari promosi kuliner tahun ini, Buku Resep “Sabores de Indonesia” yang merupakan hasil karya DWP KBRI Buenos Aires juga dibagikan kepada para pengunjung bazaar. Buku setebal 89 halaman ini dibuat dalam dua bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Spanyol, serta memuat 37 resep populer dari berbagai propinsi di Indonesia. Aneka resep yang dimuat merupakan resep pilihan yang bahan dan bumbunya dapat ditemukan di Argentina, Uruguay dan Paraguay, tiga negara akreditasi yang menjadi wilayah cakupan KBRI Buenos Aires.

Kesuksesan acara bazaar tahun ini tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya dari Penasehat DWP KBRI Buenos Aires Ibu Duta Besar Kartini Sjahrir. Meskipun DWP KBRI Buenos Aires hanya beranggotakan empat orang, namun kerja sama tim yang baik merupakan kunci utama bagi kesuksesan acara ini. Seperti ada kutipan mengatakan, ít is not the size that matters..´

Sampai bertemu pada acara bazaar Buenos Aires berikutnya! (EB) 
  

Suasana Warung Pojok pada Bazar Navideño
Pengunjung bazar tengah memilih tas khas Indonesia
Beberapa pengunjung meramaikan bazar navideño kali ini
Pengurus DWP KBRI Buenos Aires              
Aneka produk khas Indonesia yang ditampilkan


Aneka produk khas Indonesia yang ditampilkan
Salah satu stand bazar yang menyediakan greeting cards
Beberapa pengunjung di acara bazar
Aneka produk kerajinan yang ditampilkan pada acara bazar
Aneka hidangan khas Indonesia di Warung Pojok

Suasana selama bazar berlangsung
Salah satu peserta bazar navideño yang menggunakan batik Indonesia
Buku resep masakan Indonesia menjadi suvenir yang dibagikan kepada pengunjung bazar