Tuesday, April 23, 2013

Sosialisasi Lupus bersama Yayasan Lupus Indonesia

Pada hari Kamis, 18 April lalu, KBRI Buenos Aires mendapatkan kunjungan tamu istimewa dari  Yayasan Lupus Indonesia (YLI), yaitu Ibu Tiara Savitri, Ibu Ayu Bisono dan Saudara Kemal Syakurnanda. Pada kesempatan ini, perwakilan YLI memberikan sosialisasi mengenai penyakit lupus kepada masyarakat Indonesia dan  Keluarga Besar KBRI Buenos Aires. Kunjungan mereka ke Argentina adalah dalam rangka menghadiri Konferensi tingkat dunia yang kali ini diadakan di Argentina.
Acara ini dibuka oleh Ibu Duta Besar Kartini Sjahrir, sekaligus memperkenalkan para pembicara yang hadir dalam pertemuan siang itu. Kegiatan sosialisasi ini diadakan bersamaan dengan kegiatan arisan bulanan yang diselenggarakan di ruang serba guna KBRI Buenos Aires.
Ibu Tiara Savitri selaku ketua YLI mempresentasikan mengenai penyakit lupus kepada hadirin. Berbagai gejala penyakit, penyebab, dan pengobatannya dipaparkan beliau dengan lancar. Hadirin terlihat sangat antusias mendengarkan pemaparan Ibu Tiara Savitri dan mendapatkan pengetahuan baru, seperti terlihat pada beragam pertanyaan yang diajukan kepada pembicara selama sesi tanya jawab.
Di akhir acara, Ibu Tiara Savitri memberikan sebuah pertanyaan yang menggugah seluruh peserta. “Adakah di antara kami bertiga yang memiliki lupus?” sambil menunjukkan sebuah foto seorang gadis yang menderita lupus.  Pada wajahnya terdapat bercak kemerahan atau yang dikenal dengan butterfly rash. Ia juga tampak kesakitan dan tubuhnya terlihat menderita. Tidak disangka bahwa foto tersebut merupakan foto dirinya bertahun silam, saat ia terkena serangan awal. Nyatanya walaupun berkali-kali didera berbagai penyakit akibat serangan lupus, beliau tidak menyerah. 
Yang lebih mengejutkan adalah jawaban yang diberikan Ibu Tiara Savitri atas pertanyaan mengenai siapa diantara mereka yang didiagnosa lupus. Ternyata mereka semua memiliki lupus dan pernah mendapatkan serangan bertubi-tubi yang diakibatkan lupus. Jawaban ini sungguh mengejutkan mengingat ketiga pembicara terlihat sehat dan bersemangat. Yang luar biasa, mereka bahkan ikut tim pendakian gunung dimana Ibu Tiara bahkan sempat mendaki 11 dari 12 gunung di Indonesia.
Kisah hidup mereka yang dibagikan pada hadirin siang itu sungguh amat menggugah sekaligus menginspirasi. Pada kesempatan tersebut, mereka juga membagikan beberapa buku dan flyers mengenai lupus. Buku-buku yang dibagikan merupakan kisah nyata beberapa orang yang hidup dengan lupus, termasuk diantaranya perjalanan hidup Ibu Tiara sendiri. Kisah yang teramat menginspirasi.
Acara siang itu ditutup dengan foto bersama sembari beramah tamah dengan ketiga tamu istimewa. Terimakasih untuk sharing dan pengetahuan yang diberikan, Ibu. Teriring doa dari kami dan semoga sukses untuk perjuangannya mensosialisasikan lupus di tanah air.
*Untuk informasi selengkapnya mengenai Yayasan Lupus Indonesia dan penyakit lupus, kunjungi website www.yayasanlupusindonesia.org (EB)