Tuesday, October 23, 2007

“ASEAN FAMILY DAY 2007” DI KOTA BUENOS AIRES, ARGENTINA



Puncak acara HUT ASEAN ke-40 tahun 2007 di Buenos Aires, Argentina adalah diselenggarakannya acara “ASEAN Family Day 2007” pada tanggal 20 Oktober 2007 bertempat di Kyowaen Club Japones, Burzaco – Buenos Aires yaitu suatu area perkemahan, piknik dan olahraga yang cukup nyaman dipinggiran kota Buenos Aires yang dimiliki oleh Perkumpulan Masyarakat Jepang di Buenos Aires.

ASEAN Family Day 2007 adalah suatu acara kebersamaan, keakraban, silaturahmi dari seluruh keluarga besar ASEAN (Indonesia, Malaysia, Philippine, Thailand dan Vietnam ) yang berada di kota Buenos Aires, Argentina yang diselenggarakan tiap tahun. Yang unik dalam acara tersebut adalah selain dihadiri oleh seluruh keluarga dan masyarakat dari negara-negara anggota ASEAN dan beberapa kerabat di Argentina, juga disajikan beberapa aneka hidangan makanan utama (makanan unggulan/andalan) dari berbagai negara Asean serta beberapa aneka hiburan/budaya dari masing-masing negara peserta, diselingi dengan Undian Tiket Berhadiah (Raffles Drawing) dan diakhiri oleh berbagai lomba permainan, kecerdasan dan ketangkasan yang makin menyemarakan dan memeriahkan suasana pesta keluarga tersebut.

Dalam Acara tersebut Kedutaan Besar Thailand, selaku koordinator Asean 2007 melalui Dubes Anucha Osathanond menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta yang ikut berpartisipasi dan membantu dalam semua kegiatan HUT ASEAN 2007 dan sekaligus memberikan penghargaan yang tinggi dan memperkenalkan koodinator dari masing-masing Kedutaan /Panitia penyelenggara acara tersebut. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Asean ( Asean Hymne : Song of Unity ) yang dipimpin oleh Ibu Herawaty Manurung ( isteri Dubes RI/Ketua DWP KBRI Buenos Aires) dan kemudian dilanjutkan dengan tampilan seni budaya dari anggota negara-negara Asean dan Pembagian medali pemenang lomba olah raga dan diselingi dengan Undian Tiket Berhadiah. Indonesia menampilkan Grup musik “Folk Songs” yang terdiri dari kelompok masyarkat Indonesia dan dipimpin langsung oleh Dubes RI, Bapak Sunten Z. Manurung dengan lagu-lagu daerah (Medley) : “Anak Kambing Saya – Apuse – Rambadia – Don dong Opo Salak – Kambanglah Bungo” . Lagu-lagu tersebut dibawakan secara dinamis dan berkesinambungan, membuat terkesima dan mempersona penonton.

Dari cabang olah raga Bowling, Tennis dan Golf yang sudah dipertandingkan, Indonesia mengumpulkan medali terbanyak yaitu : 4 emas – 4 Perak – 3 Perunggu, sedangkan tak kalah tangguhnya dalam Lomba Kecerdasan ( Question and Answer : tentang sejarah/arti/kegiatan ASEAN ), Indonesia yang diwakili oleh dua orang pelajar : Gina Aghnia Yudi dan Martinus Manurung telah meraih nilai tertinggi dan menjuarai lomba tersebut. Demikian halnya dalam lomba ketrampilan dan ketangkasan, pasangan Ibu Wati F.Yudi dan Icha memenangkan lomba lari “Kaki Diikat” dan pada lomba “Balap Karung”, Martinus Manurung telah membuktikan ketrampilan dan kecepatannya untuk menjuarai lomba tersebut. Bravo, Muy Bueno Indonesia !

Dalam kesempatan acara tersebut, telah diserah-terimakan secara simbolis bendera ASEAN dari Kedubes Thailand selaku koordinator tahun 2007 yang diwakili oleh Dubes Thailand , H.E Anucha Osathanond kepada dubes Malaysia, H.E Dato Rohana bt Ramly yang akan menjadi koordinator ASEAN tahun 2008. Selamat jumpa pada acara ASEAN 2008. Semoga ASEAN selalu kompak dan tetap jaya !





0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home