Wednesday, October 31, 2007

“PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA ke 79, tahun 2007”


foto sejenak sebelum upacara

“Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa Kita. Tanah Air Pasti Jaya, Untuk Selama-lamanya”. Penggalan lagu tersebut jelas mengingatkan kita pada semangat Sumpah Pemuda Indonesia 79 tahun yang silam, tepatnya 28 oktober 1928 dimana kaum pemuda Indonesia berkumpul, bersatu dan bertekad : Bertumpah Darah Satu, Tanah Indonesia – Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia - serta menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di KBRI Buenos Aires, Argentina yang seyogyanya diperingati pada tanggal 28 oktober 2007, namun berhubung hari tersebut jatuh pada hari libur (minggu) dan hari tersebut juga dinyatakan hari libur nasional oleh pemerintah argentina berhubung hari tersebut sedang berlangsungnya pemilihan umum (pemilihan presiden) oleh seluruh rakyat Argetina, dan tanpa mengurangi arti dan makna dari semangat sumpah pemuda tersebut, maka peringatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2007 yang dihadiri oleh seluruh staff KBRI dan Masyarakat Indonesia yang berada di kota Buenos Aires.

Dalam sambutannya, Dubes RI, Bpk. Sunten Z. Manurung selaku Pembina upacara telah membacakan Sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga RI yang intinya adalah “mengajak generasi muda untuk meningkatkan solidaritas, integritas dan profesionalisme pemuda menuju bangsa sejahtera dan bermartabat”. Dengan harapan mampu membangkitkan kesadaran segenap pemuda Indonesia dalam meningkatkan semangat kebangsaan serta mengantisipasi masih lemahnya daya saing pemuda Indonesia, karena dengan Pemuda Maju, Indonesia Jaya.

Peringatan tersebut berjalan lancar dan khimad. Semua peserta upacara mengikuti secara khusuk dan berdoa : Ya Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang , karuniakanlah kepada pemuda dan seluruh anak bangsa kami, keimanan dan ketagwaan yang sempurna sehingga menjadi generasi yang memiliki profesionalisme, integritas dan solidaritas yang tinggi menuju bangsa yang martabat, dan bimbinglah para pemuda dan seluruh anak bangsa dan negeri ini sesuai dengan cita-cita pendahulu kami untuk menjadikan negara dan bangsa yang adil, makmur dan sejahtera . Amin.-

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home