Wednesday, October 24, 2007

TIM PSSI U-23 MENGIMBANGI TIM JUARA DUNIA ARGENTINA U-20

( PSSI U-23 MENJUARAI “INDONESIAN AMBASSADOR CUP” )



Untuk sekian kalinya, stadion Dr. Jose Luis Meiszner, Quilmes merupakan tempat dan saksi keperkasaan, keuletan, kekompakan dan ketak-gentaran Tim PSSI U-23 dalam melakukan pertandingan persahabatan dengan tim-tim elite dari negeri sepak bola, Argentina.

Sebagai info disampaikan bahwa Tim PSSI U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games 2007 telah mengadakan pelatihan di kota Buenos Aires, Argentina dari tanggal 27 September – 24 Oktober 2007 bertempat di Centro de Entrenamiento para Futbolistas de Alto Rendimiento (CEFAR) yang merupakan pusat pelatihan sepakbola yang bagus dan lengkap yang sering dipakai oleh club-club sepakbola dunia untuk para pemain juniornya (termasuk : Barcelona , Boca Junior + Diego Maradona).

Dalam rangkaian uji cobanya selama berada di Argentina, telah dilaksanakan beberapa pertandingan persahabatan dengan Club Elite Argentina, yaitu pada tanggal 11 Oktober 2007 vs Tim Quilmas U-23 ( kalah, 0 -1 ), 15 Oktober 2007 vs Boca Junior U-23 ( seri, 1 – 1 ), 19 Oktober 2007 vs Estudiantes U-20 ( seri, 2 – 2 ) dan pada pertandingan persahabatan terakhirnya dengan Tim Juara Dunia Argentina U-20 pada tanggal 23 Oktober 2007, Tim PSSI U-23 dengan tangguh dan gigih telah mengimbangi Tim Dunia tersebut dengan skor 1 – 1.

Timnas Argentina U-20 adalah Tim Juara Dunia U-20 dan untuk pertama kalinya Tim Indonesia tampil menghadapi Tim Juara Dunia. Tim PSSI U-20 bermain dengan dinamis dan menampilkan permainan yang bagus, aliran bola dari kaki para pemain cukup lancar dalam tempo permainan yang berkembang dengan umpan bola-bola pendek yang banyak merepotkan barisan belakang Tim Tango Argentina. Gol Tim Argentina diciptakan oleh striker Gabriel Rodríguez melalui tandukan sepak pojok, sedangkan Gol Tim PSSI diciptakan oleh penyerang asal Persipura Jayapura, Ian Luis Kabes. Pertandingan berjalan cepat, saling silih berganti menyerang. Namun akhir pertandingan tetap sama, yaitu : 1 – 1.

Dalam kesempatan yang sama, KBRI Buenos Aires telah menyediakan Piala untuk pertandingan persahabatan antara Tim PSSI U-23 vs Timnas Argentina U-20 yang dikenal dengan : “Indonesian Ambassador Cup”. Piala tersebut dimenangkan dan diserahkan oleh Dubes RI, Bpk Sunten Z. Manurung ke Tim PSSI U-23 karena telah berhasil menahan seri Timnas Argentina di kandang lawan. Bravo Indonesia !

Dukungan moril, dukungan sporter dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia di Buenos Aires, khususnya ibu-ibu DWP KBRI Buenos Aires dalam kontribusinya menyediakan makanan indonesia sebagai obat kangen para pemain dan oficial selama di Buenos Aires, Argentina dirasakan sangat membantu. Mudah-mudahan kerja keras Tim PSSI U-20 selama menjalani gemblengan dan latihan di Buenos Aires, Argentina akan mendapatkan hasil yang maksimal pada SEA Games 2007 yang akan datang. Selamat berjuang duta-duta sepak bola Indonesia, semoga sukses selalu.-


penulis bersama pelatih PSSI Ivan kolev