Wednesday, March 10, 2010

Fiesta de la Vendimia

Setiap tahun, pada awal bulan Maret, Kota Mendoza yang terletak di Argentina sebelah barat berhias, mempersiapkan yang terbaik bagi turis atau yang datang berkunjung untuk menghadiri Panen Musim Anggur. Inilah saat di mana penduduk kota Mendoza "mengangkat gelas" anggur, berterima kasih kepada alam yang subur yang memberikan hasil panen melimpah yang menyebabkan kota ini terkenal ke seluruh dunia karena produksi anggurnya yang sudah diekspor ke berbagai belahan dunia.

Festival yang berlangsung dari tanggal 28 Februari sampai 8 Maret ini, diisi dengan berbagai atraksi tari-tarian, musik, bahkan diwarnai dengan suasana religius di mana para petani anggur percaya bahwa lahan yang subur tidak terlepas dari anugerah yang Maha Kuasa.

Gubernur Mendoza, Celso Jaque dengan gembira mengundang para Duta Besar dari Buenos Aires untuk ikut merasakan suasana "pesta rakyat" yang sangat dibanggakan penduduk setempat. Diharapkan kota Mendoza akan menjadi tujuan para turis disamping ibukota negara, Buenos Aires.

Keberhasilan para petani anggur di kota Mendoza memiliki sejarah panjang, dimulai sekitar hampir seratus tahun yang lalu ketika para imigran yang datang dari Perancis, Italia, Spanyol, membawa bibit pohon anggur terbaik dari negerinya dan ditanam di tanah Argentina yang subur.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, dari tahun ke tahun, pesta rakyat diantara para petani anggur juga mengalami perubahan. Kalau tadinya hanya dengan tari dan musik di sekitar area perkebunan, kemudian berkembang menjadi pesta satu kota Mendoza, maka sekarang lebih dikenal menjadi pesta nasional, karena memang ternyata kota Mendoza mampu mempromosikan acara panen anggur ini menjadi suatu atraksi yang menarik para turis baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Pada awalnya untuk memeriahkan acara panen anggur dipilih seorang pemetik anggur/pekerja wanita yang dianggap cakap dan cekatan dalam pekerjaannya, tetapi dalam perkembangannya sekarang dipilih seorang Ratu yang akan bertugas untuk mempromosikan kota Mendoza ke ajang yang lebih luas, khususnya memperkenalkan berbagai produksi anggur yang merupakan hasil utama dan kebanggaan Mendoza.

Di propinsi yang berpenduduk sekitar 4 juta orang ini, terdapat sekitar 300 Bodega/pabrik anggur, dimulai dari yang masih menggunakan peralatan sederhana sampai yang paling canggih/modern, terbuka untuk dikunjungi para turis yang ingin melihat dari dekat bagaimana proses mengolah dari buah anggur menjadi minuman yang harganya cukup mahal.

Pemilihan para Ratu ternyata cukup unik dan menarik, di mana setiap daerah/wilayah mengirim seorang wakil dan akan diuji oleh tim penguji mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan umum dan pariwisata. Para Duta Besar mendapat kehormatan menjadi Juri dan punya hak untuk ikut memilih.

Hari Jumat tanggal 5 Maret 2010, Gubernur Mendoza, Celso Jaque menyelenggarakan resepsi menerima Rombongan Para Duta Besar dari Buenos Aires menguraikan maksud dan tujuan kota Mendoza menyelenggarakan pesta nasional, dengan bangga mengundang untuk hadir besok pada hari Sabtu Malam menyaksikan atraksi spektakuler di Teatro Griego Frank Romero Day, sebuah teater terbuka yang terletak di bukit, berkapasitas 20.000 orang, dan panggung yang sangat luas bisa menampung sekitar 800 artis penari.

Dijelaskan juga bahwa mengikuti tradisi yang sudah berjalan berpuluh tahun, bahwa para peserta pemilihan Ratu akan tampil dalam pawai keliling kota, pada hari Sabtu tanggal 6 Maret, dimulai dari jam 10.00 dan baru berakhir pada sekitar jam 14.00

Setiap ratu, naik mobil besar terbuka, lengkap dengan "hasil panen" unggulan dari daerahnya, berdiri dan melambai-lambaikan tangannya dan sesekali akan membagi-bagikan hasil panennya, seperti bermacam-macam jenis anggur, melon, pear, olive, apel, dan lain-lain.

Tradisi yang sudah berlangsung berpuluh tahun ini, sangat ditunggu-tunggu oleh penduduk. Mereka penuh antusias menyambut setiap rombongan yang lewat, demikian juga para peserta yang mewakili berbagai macam organisasi kesejahteraan para buruh atau petani, para penunggang kuda yang handal mulai dari anak-anak kecil sampai kakek/nenek.

Puncak acara, adalah terpilihnya seorang Ratu dari daerah Santa Rosa bernama Maria Flor Distefanis, dan urutan berikutnya sebagai pemenang ke-2, adalah Tamara Gisel Otero mewakili daerah Junin. Tahun ini, ada 17 daerah yang masing-masing mengutus satu orang ratu untuk mewakili daerahnya. Lewat tengah malam, diiringi dengan tepuk tangan meriah dan gemerlap kembang api serta musik yang gegap gempita, pesta anggur berakhir diiringi harapan bahwa tahun depan masih akan ada lagi pesta anggur yang lebih meriah.

Ternyata memang sepantasnya disebut Pesta Nasional, karena pada hari-hari tersebut Mendoza menjadi pusat perhatian seluruh negeri dan dihadiri oleh Presiden atau Wakilnya.