Wednesday, October 06, 2010

La Exotica Indonesia


Setelah sempat tertunda, akhirnya pada tanggal 27 April 2010 dengan sukses diselenggarakan malam kesenian di Centro Cultural de Borges, salah satu sasono budoyo yang bergengsi di kota Buenos Aires. Sebelum acara tersebut, diadakan acara seminar dengan tema Tourism Indonesia Update yang dihadiri oleh biro perjalanan dan agen wisata yang berada di Buenos Aires . Pukul 20.15 seminar selesai dan para peserta berikut hadirin lainnya berpindah tempat untuk menikmati suguhan kesenian musik dan tari. Musik gamelan digelar mengawali acara malam itu, berturut-turut oleh para pemain dari keluarga KBRI dan masyarakat Argentina. Sedangkan tari-tarian tradisional yang dipersembahkan adalah tari Topeng oleh Bp Sudiharto selaku guru, sutradara dan juga pemain, lalu tari Rantak dari Sumatra yang dibawakan dengan apik oleh Sintia Laukon, Astrid Wasistyanti, Billy Winangun Kabul, Rully Nurzaman Kabul dan Imaya Ratnasari. Tari Saman dari Aceh yang sangat digemari publik Argentina juga ditarikan dengan sempurna oleh putra-putri KBRI, yaitu Rendy Pangemanan, Sintia Laukon, Astrid Wasistyanti, Billy Winangun Kabul, Rully Nurzaman Kabul , Ratna Chen dan Christian Casal . Terakhir yang tidak kalah memukau adalah pertunjukan sendratari Ramayana yang diiringi gamelan secara 'live' oleh masyarakat Argentina. Yang berlaku sebagai Dewi Shinta adalah Sofia Gonzalez Herrador, sebagai Hanoman adalah Martinus Manurung dan Indrajit oleh Santiago Gaston Vivas Urrejola.

Seusai acara, diluar ruangan telah tersedia berbagai jajanan pasar berupa dadar gulung, kue lapis Surabaya, kue lapis pepe merah putih, risoles dan combro, yang dibuat oleh ibu-ibu keluarga KBRI. Kami sempat kewalahan karena ternyata mereka sangat menyukai jajanan pasar tersebut, walaupu
n jumlah panganan sudah dibuat lebih banyak, namun mereka masih melihat-lihat piring yang sudah kosong. Sembari menikmati jajanan, para hadirin dimanjakan lagi dengan alunan suara merdu Ibu Herawaty Manurung menyanyikan lagu-lagu populer diiringi kesenian musik Arumba, yang dimainkan oleh Bp Sudiharto, Bp Rudy Henryadi dan Sintia Laukon.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home