Tuesday, December 23, 2008

Asado dan Karaoke

Di Argentina, makanan andalan yang dibanggakan disebut Asado yaitu daging sapi segar yang dibakar, yang pada umumnya orang menyebut BBQ. Ditemani Vino Tinto yaitu Anggur Merah, lengkaplah sebuah pesta yang diselenggarakan di antara teman, keluarga, relasi pada hari-hari istimewa. Daging sapi Argentina yang sudah terkenal di seluruh dunia, merupakan hidangan utama dan sebagai hidangan sampingan ada juga papas/kentang dan ensalada yaitu daun-daun salada yang hijau segar. Makanan Argentina tidak berbumbu, hanya diberi garam atau kadang-kadang sedikit lada. Rasa daging yang dibakar di atas bara yang mengeluarkan aroma khas memang menimbulkan selera bagi siapapun yang ada di sekitarnya.

Duta Besar Malaysia Datuk Zulkifli yang baru saja dua bulan menempati pos di Buenos Aires, terkesan dengan makanan khas Argentina. Untuk itu hari Sabtu tanggal 20 Desember 2008 beliau mengundang para Duta Besar ASEAN beserta jajarannya untuk ber-Asado ria, sebagai tanda dimulainya kehidupan baru di lingkungan Argentina.

Agar acara ber-Asado semakin meriah, beliau juga punya ide untuk ber-karaoke. Patut dipuji bahwa ide berkaraoke sangat dinikmati oleh semua yang hadir, meski pada awalnya banyak yang malu-malu, tetapi ahirnya secara bergantian, setiap orang dengan senang hati melantunkan berbagai lagu-lagu sesuai dengan pilihannya. Koleksi dari berbagai macam negara ASEAN dan juga dari lagu-lagu tempo dulu tersusun rapi memenuhi satu meja khusus yang disediakan layaknya di sebuah toko musik. Kegemaran beliau mengumpulkan berbagai macam jenis musik ditampilkan semua pada malam itu.

Mendekati tengah malam, Duta Besar Thailand, Duta Besar Indonesia beserta Ibu Herawaty S Manurung, Kepala Perwakilan Philipina beserta Madam Carmel, Tuan Rumah Duta Besar Malaysia dan Datin Jameela bersama-sama mendendangkan lagu lama "I Can't Stop Loving You" sebagai penutup acara.

Semua yang hadir sudah berdendang, Tuan Rumah melepas para tamu dengan rasa puas. Unik sekali bahwa memang ternyata selain makanan enak yang membuat perut kenyang, rasa gembira penuh tawa, menyanyikan lagu-lagu lama yang penuh kenangan merupakan obat mujarab menjalani hari-hari mendatang. Demikian antara lain ungkapan Duta Besar Malaysia ketika menyampaikan maksud dan tujuan acara yang sangat informal ini, penuh rasa kekeluargaan adalah kunci keakraban yang perlu dibina selama bersama-sama bertugas di Argentina.



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home