Wednesday, November 25, 2009

Jacaranda

Hari-hari ini kalau berjalan di sepanjang Avenida Libertador, Figuera Alcorta, Recoleta, Nueve de Julio, plaza San Martin, akan tampak pohon Jacaranda yang di kalangan ilmiawan disebut 'Jacaranda Mimosaefolia' berbunga penuh dan cantik sekali pemandangannya. Musim semi di Buenos Aires, salah satu tanda yang dapat dilihat dengan jelas adalah warna biru hampir ungu di seantero taman yang terhampar luas di berbagai pelosok kota.

Pohon Jacaranda, dari keluarga 'Bignoniaceae' berasal dari Brazil, terdiri dari hampir 50 jenis dan banyak terdapat di bagian utara dari Amerika Selatan, terbentang di kepulauan Karibia, terus ke arah Florida dan Mexico, bahkan sampai ke Afrika Selatan.

Tingginya bisa mencapai hampir 18 meter dan akan berbunga penuh hanya sekitar 1 sampai 2 bulan, kemudian bunga-bunganya akan rontok tertiup angin musim semi dan terhampar di bawahnya menjadi seperti permadani. Sungguh merupakan suatu pemandangan yang menakjubkan yang tidak mudah dilupakan.

Mereka yang berjiwa seni banyak yang tertarik untuk mengungkapkan perasaannya melihat pohon Jacaranda ini. Para seniman ternama di Argentina ada yang membuat beraneka lukisan mengekspresikan keindahan Jacaranda. Di masa lalu banyak film yang pernah diproduksi berisi cerita dengan latar belakang pohon Jacaranda. Pada masyarakat Argentina di berbagai propinsi cukup banyak versi historis dari keberadaan pohon Jacaranda yang bunga-bunganya ditunggu bersemi setiap tahun. Bahkan seorang penyanyi terkenal Maria Elena Walsh populer dengan lagu yang berjudul 'Cansion del Jacaranda' yang syairnya tertera berikut ini. Konon lagu ini juga diterjemahkan kedalam bahasa guarani.

Cansion del Jacaranda

Al este y al oeste
llueve y llovera
una flor y otra flor celeste
del jacaranda
La vieja esta en la cueva
pero ya saldra
para ver que bonito nieva
del jacaranda
Se rien las ardillas
ja jaja jaja
porque el viento le hace cosquillas
al jacaranda
El cielo en la vereda
di bujando esta
con espuma y papel de seda
del jacaranda
El viento como un brujo
vino por aca
con su ola barion el dibujo
del jacaranda
Si pasa por escuela
los chicos, quiza
se podran una escarapela
del jacaranda