Thursday, December 27, 2007

Perayaan Natal 2007

“Perayaan Natal 2007”

(Hiduplah dengan bijaksana, adil dan beribadah)


Hari Raya umat kristiani yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya ( 25 desember), khususnya bagi Warga Negara Indonesia beragama kristen yang kebetulan tinggal dan bekerja di Argentina adalah “Natal”. Perayaan Natal 2007 diselenggarakan oleh KBRI pada tanggal 26 Desember 2007 bertempat di Wisma Duta Besar yang dihadiri oleh staf KBRI, masyarakat Indonesia dan para kerabat lainnya.

Tema Natal PGI dan KWI 2007 berbunyi : “Hiduplah dengan bijaksana, adil dan beribadah”. Tema ini memang terasa relevan untuk dijadikan pedoman arah bagi umat kristiani dalam menyongsong tahun 2008. Demikian Juga halnya dalam upacara akhir tahun, tepatnya pada upacara peringatan hari Ibu ke-79 yang lalu, dalam kesempatan tersebut masih terngiang di ingatan kita sewaktu Dubes RI, Bpk. Sunten Z. Manurung menyampaikan amanat singkat natal 2007, ybs mengharapkan WNI kristiani di lingkungan KBRI Buenos Aires dapat mencontoh sifat Yesus Kristus (Nabi Isa) sebagai tokoh yang menebarkan ajaran kasih dan mengajak kita untuk saling hidup bersahaja dan rasa solidaritas tinggi, terutama dalam rangka berbuat baik, tidak berkeras hati dan tidak memberi ruang pada kebencian. Diharapkan Natal 2007 dapat memberikan kekuatan dan pengharapan baru bagi kita dalam menelusuri hari-hari di masa depan.

Acara berjalan dengan hikmat dan lancar, dimulai dari sambutan dubes ri dengan ucapan terima kasihnya sebagai tuan rumah dan dilanjutkan dengan wejangan singkat dan doa oleh Romo Gomez ( wni yang sedang bertugas sbg misionaris di propinsi Sante Fe, Argentina) dengan harapan Natal kali ini mudah-mudahan Tuhan Y.M.E selalu memberkati dan memberikan rahmat-Nya buat kita semua disertai puji syukur atas nikmat dan lezatnya hidangan yang disediakan tuan rumah pada malam perayaan Natal ini.

Pada malam itu, Ibu Herawaty S. Manurung dan keluarga telah menjadi tuan rumah yang baik yang dapat menyenangkan tamu-tamunya. Pohon natal yang dihiasi lampu dengan aneka ragam asosioris natal, taplak meja makan yang bermotif natal, bunga-bunga warna merah nan ceria , juga menu makanan spesial “Ayam Kalkun”, makin menambah semarak aroma dan nuansa natal seperti di Indonesia.

Acara semakin ceria dan meriah setelah Ibu Herawaty S. Manurung dan Bpk. Eric Tomodok (Fungsi Politik KBRI) membuka acara bebas (Karoke) dengan lagu “Jingle Bells dan Last Christmas”. Semua tamu diajak untuk bersuka cita mengikuti lagu-lagu tersebut penuh gembira. Seperti biasanya, mulailah biduan-biduan kbri yang berbakat ikut memilih dan mendendangkan lagu favoritenya masing-masing. Demikian pula dengan anak-anak, mereka saling asyik berkumpul, berlari, bermain dengan gayanya masing-masing tanpa lelah dan mereka tambah bersuka ria setelah mendapatkan kado kecil natal dari tuan rumah berupa permen, coklat, candy kesukaan mereka semua. Perayaan Natal 2007 kali ini juga secara tidak langsung dijadikan acara silaturahmi antar warga negara indonesia yang berada di Argentina. Kerinduan dan kekangenan berkumpul antar teman, profesi dan keluarga melebur menjadi satu. Mereka saling membagi informasi, mereka saling bercerita, mereka saling bergurau, mereka saling bercanda dan mereka saling ceria.

Mudah-mudahan makna Natal sebagai simbol dari kelahiran dapat memunculkan harapan baru. Karena dengan kelahiran pertanda dimulainya babak baru yang lebih baik, simbul kontinuitas dan keterjagaan. Natal adalah momentum untuk merajut ulang dan memintal masa depan yang penuh harapan. Selamat Natal !



Foto-foto lainnya menyusul